Tuesday 30 November 2010

NASIBMU CAGAR BUDAYA ?


           Maraknya tindak kriminal yang terjadi akibat pencurian, maupun penerusakan cagar budaya terjadi di indonesia. Pelakunya pun berasal dari berbagai kalangan, dari mulai kaum biasa-biasa saja, maupun orang yang berilmu dan terpandang. Berbagai alasan mereka kemukakan, ada yang beralasan karena kendala ekonomi, inginnya mengoleksi benda cagar budaya tersebut, atau melakukan bisnis besar-besaran yang melibatkan jual-beli benda-benda cagar budaya tersebut.
Benda tersebut bermacam-macam jenisnya, ada yang berasal dari jaman prasejarah, dan jaman-jaman lainnya setelahnya. Ada yang berupa artefak, patung, terakota, arsip-arsip file yang berhubungan dengan kejadian sejarah masa lampau, atau pun atribut-atribut lainnya yang dianggap penting untuk dilindungi, dan dianggap sebagai cagar budaya bangsa Indonesia. Tak jarang, pengambilan benda-benda cagar budaya tersebut berakibat kerusakan yang fatal, baik bagi cagar budaya tersebut, maupun alam sekitar dimana cagar budaya itu disimpan, atau biasanya tertimbun didalamnya karena diambil secara paksa, tanpa perhitungan yang hati-hati.
          Bagaimana nasib cagar budaya yang telah ada dan masih bertahan? Perlunya pemeliharaan cagar budaya tersebut agar terawetkan, guna diwariskan pada generasi-generasi berikutnya, untuk dipelajari, dan diambil hikmahnya. Selain itu, cagar budaya juga dapat menjadi simbol identitas bagi bangsa Indonesia yang tak boleh hilang, atau dirusak oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.

No comments:

Post a Comment