Sunday 9 January 2011

RASANYA JADI KONSULTAN


Jadi gambaran permainan ini adalah para peserta disediakan sebuah kertas kosong dan alat tulis. Di kertas itu kita di suruh menulis 5 hal atau keluhan yang sudah kita rasakan sejak pertama kali kita kuliah. Setelah itu para peserta diminta untuk berpasang-pasangan dan menukarkan kertas tadi ke pasangannya masing-masing. Di situ pasangan tadi harus memberikan atau menuliskan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pasangannya tersebut.
Mengapa kita diminta untuk melakukan itu? Banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Diantaranya adalah :
1.      Agar bisa koreksi diri
Dengan adanya kita menulis hal-hal atau permasalahan-permasalahan yang kita punyai sejak pertama kali kuliah, kita bisa menjadi lebih tahu apa sih masalah yang harus dicari solusinya, dan masalah mana yang paling sering didapatkan oleh dirinya atau temannya. Dan apa yang sebaiknya dilakukan.

2.      Agar lebih tahu temannya
Dengan diadakannya sesi berpasang-pasangan dengan temannya masing –masing diharapkan kita bisa lebih enjoy berbicara daripada di depan orang banyak nantinya.

3.      Ketika sudah tahu karakter temannya, kita bisa lebih menghargai dan memahami teman kita tersebut.

4.      Agar tahu kekurangan dan kelebihan teman kita
Ketika kita mengetahui kelemahan dan kelebihan teman kita, kita dapat membantu mengurangi dan menutupi kekurangan teman kita dan kita juga dapat mendukung terus kelebihan-kelebihan teman kita.

5.      Bisa lebih akrab
diharapkan kita dapat lebih akrab. Yang semula tidak tahu-menahu tentang temannya, sekarang bisa jadi peduli dengan temannya itu.

6.       Agar lebih berempati
Berempati lain dengan bersimpati. Ketika kita berempati maka kita akan merasakan apa yang sedang dirasakan oleh teman kita. Maka dari itu ketika kita menjadi seorang konsultan kita tidak bisa memberikan solusi sekehendak hati kita tanpa mengetahui apa yang dirasakan olehorang yang berkonsultasi.

7.      Memupuk rasa persatuan
Dengan mengetahui semua kekurangan, kelebihan, saling share pengalaman, dll, dapat membuat kita semakin erat tali pesaudaraannya.

8.      Melatih agar lebih bisa memecahkan masalah. Terlebih masalah orang lain alias Problem Solver.

No comments:

Post a Comment