Sunday 9 January 2011

MENGUBAH GARIS WAKTU


Jadi gambaran permainan ini adalah para peserta disediakan sebuah kertas kosong dan alat tulis. Di kertas itu kita di suruh menulis 5 manfaat atau hal yang mempunyai arti penting bagi kita dalam semua permainan yang telah dilakukan di pelajaran K.I. Lalu kita diminta untuk menandai point-point yang sudah kita tuliskan sebagai hal atau manfaat yang telah kita lakukan selama ini. Setelah itu para peserta diminta untuk berpasang-pasangan dan menjelaskan mengapa dia memilih point-point tersebut, mengapa dia melakukan dan belum melakukan hal-hal yang sudah dituliskan, dll.
Mengapa kita diminta untuk melakukan itu? Banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Diantaranya adalah :
1.      Agar bisa koreksi diri
Dengan adanya kita menulis hal-hal atau manfaat yang dapat kita ambil, kita dapat melakukan koreksi pada diri kita. Sudahkah saya ini melakukan hal yang benar ataukah belum? Ketika belum, apa yang harus saya lakukan? Dengan adanya game ini saya yakin pasti ada pertanyaan-pertanyaan seperti itu di benak para peserta.

2.      Agar lebih tahu temannya
Dengan diadakannya sesi berpasang-pasangan dengan temannya masing –masing diharapkan kita bisa lebih enjoy berbicara daripada di depan orang banyak.

3.      Ketika sudah tahu karakter temannya, kita bisa lebih menghargai dan memahami teman kita tersebut.

4.      Agar tahu kekurangan dan kelebihan teman kita
Ketika kita mengetahui kelemahan dan kelebihan teman kita, kita dapat membantu mengurangi dan menutupi kekurangan teman kita dan kita juga dapat mendukung terus kelebihan-kelebihan teman kita.

5.      Bisa lebih akrab
Dengan berbicara face to face dengan seorang teman kita, diharapkan kita dapat lebih akrab. Yang semula tidak tahu-menahu tentang temannya, sekarang bisa jadi peduli dengan temannya itu.

6.       Berlatih agar lebih komunikatif
Ketika kita berada dalam situasi seperti ini, tidak mungkin kalau kita hanya diam saja. Jadi game ini sangat membantu sekali kepada anak-anak yang sekiranya mereka kurang aktif atau komunikatif
7.      Memupuk rasa persatuan
             Dengan mengetahui semua kekurangan, kelebihan, saling share pengalaman, dll, dapat 
             membuat kita semakin erat tali pesaudaraannya.

No comments:

Post a Comment