Tuesday 11 January 2011

BE MY TEAM


Awalnya saya agak familiar dengan game tersebut. Karena pada saat saya masih duduk di bangku SMA, saya pernah menjadi panitia sebuah acara dan saya membuat game yang sama bentuk dan peraturan-peraturannya. Game ini sangat bagus dan dapat membuat kita lebih bisa bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Alat-alat yang dibutuhkan dalam permainan ini sangatlah sederhana, yaitu secarik kertas berisikan satu nama yang sebelumnya panitia yang membuat menentukan nama apa yang akan ditulis. Sebagai contoh nama hewan. Berarti disetiap kertas nantinya akan berisikan nama-nama hewan seperti kuda, anjing, ular, dll. Sebagian kertas mempunya nama yang sama Game ini tentunya memiliki peraturan. Peraturan game ini adalah sebagai berikut:
  1. Pertama, para peserta diminta untuk berbaris terlebih dahulu agar pembagian kertas bisa lebih mudah.
  2. Kedua, para peserta diminta untuk menunduk, menutup matanya, dan meletakkan tangannya di belakang.
  3. Ketiga, panitia membagikan kertas-kertas yang berisi nama hewan tadi kemasing-masing peserta secara acak.
  4. Setelah itu peserta diminta untuk menirukan suara dari hewan yang ada dikertas mereka masing-masing dan mencari pasangan kelompok mereka yang mempunyai nama hewan yang sama. Sebagai contoh peserta A mendapat hewan anjing maka dia harus mencari teman dengan cara menirukan suara anjing.
  5. Setelah berkumpul bersama kelompok, para peserta melanjutkan dengan game kedua yaitu lempar bola.
Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari game ini. Manfaat game ini adalah sebagai berikut :     
  1. Game ini dapat menjadikan kita lebih bisa bersosialisasi dengan orang yang belum kita kenal.
  2. Game ini juga bisa melatih kita agar lebih berusaha dalam mencari sesuatu.
  3. game ini bisa membuat kita lebih memahami orang lain. Karena ada beberapa hewan yang bisa disuarakan dengan beberapa suara. Ex: anjing. Kemarin pada saat acara, ada yang menirukan suara anjing dengan “guk-guk” ada juga yang menirukan dengan suara “kaing-kaing”.
  4. Game ini juga melatih respon kita terhadap lingkungan.

No comments:

Post a Comment