Friday 24 December 2010

NEGARA PERLU IT


IT merupakan singkatan dari informasi dan teknologi. Dimana kedua kata tersebut tentunya saling terkait satu dengan lainnya. Seiring berjalannya waktu, IT juga mengalami perkembangan yang tiada henti. Hal ini salah satunya ditandai dengan persaingan yang ketat pada dunia IT, baik bidang bisnia, dan lain-lain yang berkaitan dengan IT.
Mengapa hal itu penting bagi majunya sebuah negara ? ada istilah yang mengatakan bawasannya, orang yang berkuasa, atau yang terkuat adalah orang yang dapat menguasai IT. Informasi merupakan sebuah aliran gambaran sebuah situasi atau keadaan. Dimana ketika orang tersebut tanggap dengan stuasi kondisi baik disekitarnya, atau yang jauh dari keberadaannya. Ia akan pandai menempatkan diri, dan bertindak ssuai dengan keadaan. Bayangan bila setiap warga negara memiliki kepribadian tersebut yang tanggap akan IT, maka SDM dari negara tersebut otomatis akan meningkat.
Yang kedua, selain teknologi tersebut menunjang informasi, teknologi mempengaruhi majunya suatu bangsa, teknologi diciptakan guna menunjang kegiatan manusia agar lebih efisien. Behgitulah fungsi teknologi secara umum. Maka, bila negara memiliki teknologi yang memadai, kinerja dari penduduk negara tersebut akan efisien. Bila efisien pada bidang industri, maka akan meningkatkan penghasilan dari negara tersebut.
Begitulah pera IT secara umum bagi perkembangan suatu negara. Bila kita kupas lebih dalam, IT benar-benar memegang peranan yang vital bagi proses majunya sebuah negara. Tak hanya negara saja yang harus tanggap akan IT, tetapi warga negaranya  juga harus demikian. Karena peranan mereka selaku pelaku kehidupan bernegara, dan mengatur tata kehidupan.

No comments:

Post a Comment