Tuesday 30 November 2010

GREEN DESIGN





Green design merupakan salah satu gerakan untuk menciptakan sebuah desain yang berorientasi pada ramah lingkungan. Mengingat banyak sekali kerusaakan alam yang terjadi pada masa sekarang, perlunya penemuan baru dalam dunia desain sangat dibutuhkan guna menciptakan alternatif-alternati baru dalam mendesain yang memperhatikan ramah lingkungan, tanpa perlu merusak, mengambil, bahkan menjarah alam.
Banyak sekali bentuk konkret dari gerakan green desain tersebut, contohnya adalah mendaur ulang. Desain yang merupakan proses menciptakan sebuah benda, yang memiliki manfaat, sehingga dapat menunjunjang kehidupan manusia, yang akhirnya menghasilkan out put berupa benda jadi, dapat diciptakan dari apa saja. 
Green desain mengajak para desainer dan semua khalayak dengan salah satu gerakannya untuk mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak terpakai agar menjadi barang yang bermanfaat bagi manusia. Contohnya adalah memanfaatkan limbah kayu bekas packaging sebagai furniture. Caranya dengan memilah limbah kayu tersebut, menghaluskan permukaannya, memotongnya sesuai kebutuhan, lalu menyusunnya agar menjadi bentuk furniture  yang diinginkan. Dengan gerakan green design, maka kerusakan alam dapat diminimalisir akibat pengambilan sumber daya alam yang tidak terkontrol, sehingga alam dapat terpelihara, dan memberikan kebaikan pada manusia.

No comments:

Post a Comment