Friday 24 December 2010

ADANYA TKI DI NEGARA INI


TKI merupakan sebuah singkatan yang artinya adalah Tenaga Kerja Indonesia. Apa yang ada di benak anda-anda semua bila pertama kali mendengar istilah TKI atau TKW ? mungkin yang ada di benak kita adalah penyiksaan, penindasan hak, dan lain-lainnya yang umumnya bersifat negatif. Ya itulah kurang lebih anggapan bangsa lain terhadap bangsa kita. Perlakuan bangsa lain terhadap warga negara kita, mencerminkan pandangan mereka mengenai bangsa kita. Kita dianggap tidak memiliki kekuatan atau power dihadapan bangsa lain. Sehingga sebagian rakyat Indonesia yang bekerja di sana di siksa, ditindas di negri orang.
Apa yang membuat Indonesia menjadi bangsa yang lemah di mata dunia menurut saya, yang pertama, Indonesia membutuhkan pemimpin yang sungguh-sungguh, yang tidak egois, dan rela berkorban untuk kepentingan bersama sehingga dapat menuntun rakyat indonesia ke jalan yang benar. Selain itu pemimpin maupun rakyat Indonesia harus menjunjung tinggi hukum-hukum yang berlaku di Indonesia guna menjaga hak-hak bersama agar tidak mengganggu satu dengan lainnya.
Yang ke dua, adalah kualitas dari sumber daya manusia yang terdapat di Indonesia. Padahal kurikulum pendidikan belajar di Indonesia relatif ditempuh lebih lama oleh pelajar, dibandingkan dengan kurikulum pendidikan di luar negri. Evaluasi pada sistem kurikulum pendidikan, sangat diperlukan guna menciptakan bibit-bibit pelajar unggul tanpa perlu menempuh jenjang pendidikan yang relatif terlalu lama.
            Yang ketiga adalah etos kerja yang tinggi, semangat dari rakyat Indonesia guna memotivasi diri sendiri dalam bekerja. Umumnya semuanya harus dimulai dari diri sendiri, baru mengajak orang lain.
Yang keempat, bila diperlukan pengiriman tenaga kerja, kirimlah tenaga kerja yang ahli dan profesional, sehingga dapat menempati posisi yang strategis dalam dunia pekerjaan di luar negri. Melalui mereka Indonesia memiliki power yang besar dan peran yang berpengaruh di luar negri.
Baru setelah bangsa kita dihormati dan memiliki power di sana, kita mengirimkan para pekerja yang kita kenal dengan istilah TKI, TKW dan lain-lain sehingga hak mereka terlindungi, dan secara tidak langsung dihormati oleh para majikan-majikan mereka, karena mereka adalah bagian dari warga Indonesia yang memliki peran penting di negara mereka.

No comments:

Post a Comment