Wednesday 15 December 2010

POLA HIDUP SEHAT

Pola hidup sehat, adalah pola hidup yang mengutamakan aspek keseimbangan. Keseimbangan dalam berbagai hal, meskipun sebenarnya manusia tidak mungkin melakukan sesuatu benar-benar seimbang tepat. Hanya berusaha mendekati seimbang itu sendiri. Apa saja yang perlu diseimbangkan ? pola makan sehat, istirahat, olah raga, dan juga kali ini saya tambahkan yaitu beribadah. Semua itu harus dilakukan sengan cara yang seimbang sesuai porsi masing-masing. Seimbang bukan berarti besaran, jumlah, atau intensitas yang sama, melainkan dimana manusia dapat mencai sehat itu sendiri melalui keempat hal tersebut.
            Mengapa perlu pola makan yang sehat ? sebagian orang beranggapan, bawasannya hampir semua penyakit itu masuk kedalam tubuh melalui makanan. Perlunya memilih makanan dengan cara yang seselektif mungkin, seimbang atau yang biasa kita kenal dengan empat sehat lima sempurna.
Perlunya olah raga, guna memperlancar metabolisme tubuh, sehingga makanan-makanan yang kita makan tersebut, akan tercerna dan menjadi energi, tidak mengendap di dalam tubuh sebagai racun.
Perlunya istirahat yang cukup. Istirahat sangatlah diperlukan. Organ tubuh manusia perlu diistirahatkan, tida diperkenankan mempekerjakan organ tubuh kita secara berlebihan, karena dapat mengganggu fungsi dari organ tubuh tersebut sehingga kita dapat sakit.
Ibadah, dimana kita dapat mendekatkan diri dengan sang pencipta. Pada kesempatan ini kita juga dapat mengintrospeksi diri sendiri. Merenung mengenai hal-hal yang sudah kita lakukan seharian, bulanan, atau tahunan, sehingga nantinya diharapkan menjadi masukan guna perbaikan diri.
Itulah pola hidup sehat yang benar menurut saya. Berdasarkan kronologis, waktu kegiatan manusia sehari-hari. Memang tidak dipungkiri manusia perlu untuk meningkatkan kualitasnya setiap hari, salah satunya dengan cara hidup sehat.

No comments:

Post a Comment